PERTIMBANGAN KONSUMEN DALAM MEMBELI PRODUK GULA KELAPA DI KABUPATEN BANYUMAS

  • Dian Purnomo Jati Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto

Abstract

Komoditas gula merupakan salah satu indikator ketahanan pangan nasional di Indonesia. Kebutuhan akan gula terus meningkat tetapi tidak diiringi dengan peningkatan produksi gula nasional. Hal tersebut mengakibatkan Indonesia harus melakukan kebijakan impor gula. Berdasarkan hal tersebut perlu komoditi alternatif diataranya yaitu gula kelapa. Indonesia, khususnya di Kabupaten Banyumas mempunyai potensi besar untuk mengembangkan industri gula kelapa. Berdasar hal tersebut penelitian ini mencoba menganaisis faktor-faktor yang mempengaruhi, dan berpengaruh signifikan terhadap konsumen dalam membeli produk gula kelapa di Kabupaten Banyumas. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan survey terhadap 100 orang responden yang merupakan konsumen produk gula kelapa di Kabupaten Banyumas.

Berdasarkan hasil uji binomial didapatkan bahwa atribut harga, rasa, warna, aroma, daya tahan, kelarutan, kebersihan, manfaat, kemudahan didapat, dan kehalalan sebagai pertimbangan dalam membeli gula kelapa di Kabupaten Banyumas. Sedang berdasarkan uji Cochrans Q atribut yang secara signifikan berpengaruh terhadap pertimbangan responden dalam membeli produk gula kelapa di Kabupaten Banyumas adalah harga, rasa, aroma, warna, kebersihan, kemudahan didapat, dan kehalalan.

Keywords: Gula kelapa, Kabupaten Banyumas, atribut pembelianDirjen 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-10-06
How to Cite
Jati, Dian Purnomo. 2017. “PERTIMBANGAN KONSUMEN DALAM MEMBELI PRODUK GULA KELAPA DI KABUPATEN BANYUMAS”. Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan 23 (2), 125-34. https://doi.org/10.14203/JEP.23.2.2015.125–134.
Section
Article