Etika Publikasi

Jurnal Ekonomi Pembangunan merupakan salah satu jurnal Pusat Penelitian Ekonomi - LIPI dengan versi bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Jurnal ini membahas permasalahan di bidang ekonomi dan pembangunan dalam arti menyeluruh, tidak hanya terbatas pada ilmu ekonomi pembangunan. Namun meliputi juga ekonomi Islam, ekonomi lingkungan, ekonomi perusahaan, pembangunan daerah, kemiskinan, ketimpangan dan bidang yang terkait ilmu ekonomi dan pembangunan lainnya.

Tugas Penulis


Standar Pelaporan: Penulis harus menyajikan laporan yang akurat dari penelitian asli yang dilakukan serta diskusi tujuan maknanya. Peneliti harus menyajikan hasil mereka jujur dan tanpa fabrikasi, pemalsuan atau tidak pantas manipulasi data. Sebuah naskah harus mengandung detail dan referensi yang cukup untuk mengizinkan orang lain untuk meniru pekerjaan. laporan penipuan atau sengaja tidak akurat merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima. Naskah harus mengikuti pedoman pengajuan jurnal.
Orisinalitas dan Plagiarisme: Penulis harus memastikan bahwa mereka telah menulis karya sepenuhnya asli. naskah tidak harus diserahkan bersamaan dengan lebih dari satu publikasi kecuali editor telah sepakat untuk bersama-publikasi. pekerjaan sebelumnya yang relevan dan publikasi, baik oleh peneliti lain dan penulis sendiri, harus benar diakui dan direferensikan. Literatur primer
harus dikutip mana mungkin. kata-kata asli yang diambil langsung dari publikasi oleh peneliti lain akan muncul dalam tanda kutip dengan kutipan yang tepat.

Redundant Publikasi: Penulis tidak harus secara umum mengirimkan naskah yang sama untuk lebih dari satu jurnal secara bersamaan. Hal ini juga diharapkan bahwa penulis tidak akan menerbitkan naskah berlebihan atau naskah yang menjelaskan penelitian yang sama di lebih dari satu jurnal. Mengirimkan naskah yang sama untuk lebih dari satu jurnal bersamaan merupakan perilaku penerbitan tidak etis dan tidak dapat diterima. Beberapa publikasi yang timbul dari proyek penelitian tunggal harus jelas diidentifikasi secara seperti itu dan publikasi primer harus dirujuk.


Penyertaan Sumber: Penulis harus mengakui semua sumber data yang digunakan dalam penelitian dan mengutip publikasi yang telah berpengaruh dalam menentukan sifat dari pekerjaan yang dilaporkan. pengakuan yang tepat dari karya orang lain harus selalu diberikan.


Kepemilikan Naskah: Publikasi dari penulis harus secara akurat mencerminkan kontribusi individu untuk pekerjaan dan pelaporan. Karangan harus dibatasi kepada mereka yang telah membuat kontribusi yang signifikan terhadap konsep, desain, pelaksanaan atau interpretasi dari penelitian yang dilaporkan. Pihak lain yang telah membuat kontribusi yang signifikan harus terdaftar sebagai penulis kedua. Dalam kasus di mana kontributor utama terdaftar sebagai penulis utama sementara mereka yang dibuat kurang substansial, atau murni teknis, kontribusi untuk penelitian atau publikasi tercantum di bagian pengakuan. Penulis juga memastikan bahwa semua penulis telah melihat dan sepakat untuk versi disampaikan naskah dan masuknya mereka nama sebagai penulis kedua.


Pengungkapan dan Konflik Kepentingan: Semua penulis harus jelas mengungkapkan dalam naskah mereka setiap konflik substantif keuangan atau kepentingan yang mungkin ditafsirkan untuk mempengaruhi hasil atau interpretasi naskah mereka. Semua sumber dukungan keuangan untuk proyek tersebut harus diungkapkan.

Kesalahan mendasar dalam Pekerjaan: Jika penulis menemukan kesalahan atau ketidakakuratan yang signifikan dalam naskah diserahkan, maka penulis harus segera memberitahu editor jurnal atau penerbit dan bekerja sama dengan editor untuk menarik kembali atau memperbaiki kertas.
Bahaya dan Manusia atau Hewan Subyek: Penulis harus secara jelas mengidentifikasi dalam naskah jika pekerjaan melibatkan bahan kimia, prosedur atau peralatan yang memiliki bahaya yang tidak
biasa melekat dalam penggunaannya.

Tugas Editor
Keputusan Publikasi: Berdasarkan laporan dari dewan redaksi review, editor dapat menerima, menolak, atau memodifikasi naskah. Editor dipandu oleh kebijakan dari dewan redaksi jurnal dan dibatasi oleh ketentuan hukum seperti yang berlaku mengenai pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta dan plagiarisme. Para editor dapat berdiskusi dengan editor lain atau pengulas dalam membuat keputusan ini. Editor memiliki tanggung jawab untuk segala sesuatu yang mereka publikasikan dan harus memiliki prosedur dan kebijakan untuk menjamin kualitas publikasi.


Ulasan Naskah: Editor harus memastikan bahwa setiap naskah harus dievaluasi terlebih dahulu untuk keasilannya. Editor harus mengatur dan menggunakan peer review yang relevan dan dengan bijaksana. Editor menginformasikan proses peer review kepada penulis dan juga menunjukkan bagian mana dari jurnal yang ditinjau. Editor harus memilih peer reviewer yang tepat untuk setiap
naskah dengan memilih reviewer sesuai dengan bidang keahilannya.

Aturan Main Editor: Editor harus memastikan bahwa setiap naskah yang diterima akan direview secara professional tanpa memandang jenis kelamin, ras, agama dan kewarganegaraan. Editor harus menegakkan prinsip indenpensi dan berintegritas dalam menjalankan segala tugasnya.


Kerahasiaan: Editor harus memastikan bahwa informasi mengenai naskah yang disampaikan oleh penulis dirahasiakan.


Pengungkapan dan Konflik Kepentingan: Editor jurnal tidak akan menggunakan bahan atau data dari naskah penulis untuk kepentingannya sendiri tanpa persetujuan dari penulis naskah.

Tugas Reviewer
Kerahasiaan: Informasi mengenai naskah yang disampaikan oleh penulis harus dirahasiakan dan diperlakukan sebagai informasi rahasia.


Pengakuan Sumber: Reviewer harus memastikan bahwa penulis telah mengakui semua sumber data yang digunakan dalam penelitian ini. Reviewer harus mengidentifikasi adanya kutipan revelan, namun belum dikutip secara benar oleh penulis. Reviewer harus memberitahukan pihak pengurus jurnal jika mereka menemukan adanya indikasi penyimpangan.


Objektivitas: Ulasan terhadap naskah harus dilakukan secara objektif dan harus mengekspresikan pandangan mereka secara jelas dengan argumen yang mendukung. Reviewer harus mengikuti petunjuk jurnal. Reviewer harus konstruktif dalam tinjauan mereka dan memberikan umpan balik
yang akan membantu penulis untuk meningkatkan naskah mereka.

Pengungkapan dan Benturan Kepentingan: Informasi atau ide-ide yang diperoleh melalui peer review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi. Reviewer tidak bertanggung jawab apabila terdapat konflik kepentingan di dalam naskah tersebut.


Ketepatan: Reviewer harus berkerja pada jangka waktu yang telah ditetapkan. Reviewer hanya setuju untuk meninjau naskah jika mereka yakin memiliki waktu yang cukup dalam melakukan perkejaannya. Reviewer harus menginformasikan kepada pengurus jurnal segera jika mereka
memerlukan perpanjangan waktu.