PENAKSIRAN DAMPAK MERGER DAN AKUISISI TERHADAP EFISIENSI PERBANKAN, ANALISIS SEBELUM DAN SETELAH MERGER DAN AKUISISI

  • Bryan Mikail Zaharias Ministry of Trade, Republic of Indonesia
  • Hanif Pradipta
Keywords: Data Envelopment Analysis, Efisiensi, Perbankan, Merger, Akuisisi

Abstract

Merger dan Akuisisi perusahaan secara umum dipahami sebagai upaya untuk mengembangkan perusahaan ke kondisi yang lebih baik, dengan cara menyatukan kekuatan dan atau mengimbangi kelemahan yang ada di perusahaan yang satu dengan kekuatan yang ada di perusahaan lainnya. Penelitian ini bermaksud memrediksi  bilamana konsolidasi yang dilakukan oleh beberapa bank di Indonesia sepanjang periode 2002 s.d. 2013 mampu membawa kondisi bank-bank tersebut ke arah yang lebih baik (efisien) dengan pendekatan Data Envelopment Analysis (DEA).

Dari hasil prediksi diketahui bahwa tingkat efisiensi bank-bank yang telah melakukan konsolidasi relatif lebih efisien dibandingkan sebelum melakukan konsolidasi. Dari hasil perhitungan efisiensi riil bank-bank setelah merger dapat membuktikan bahwa pada umumnya bank menjadi lebih efisien setelah melakukan merger dan akuisisi.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-10-31
How to Cite
Zaharias, Bryan Mikail, and Hanif Pradipta. 2016. “PENAKSIRAN DAMPAK MERGER DAN AKUISISI TERHADAP EFISIENSI PERBANKAN, ANALISIS SEBELUM DAN SETELAH MERGER DAN AKUISISI”. Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan 24 (2), 85-95. https://doi.org/10.14203/JEP.24.2.2016.85–95.
Section
Article