POTENSI EKSPOR EKONOMI KREATIF TAHUN 2019

  • Islahwani Loka Vita Resti Politeknik Statistika STIS
  • Anugerah Karta Monika Politeknik Statistika STIS
Keywords: ekonomi kreatif, ekspor, analisis input-output, SARIMA

Abstract

Ekonomi kreatif (Ekraf) merupakan suatu sektor yang potensial menjadi sumber pertumbuhan terbarukan sebagai solusi pemerintah untuk mencegah memburuknya perlambatan pertumbuhan ekonomi nasional beberapa tahun terakhir. Salah satu indikator sektor ekonomi kreatif yang memiliki kinerja baik adalah ekspor Ekraf. Mengingat ekspor merupakan salah satu komponen penyusun PDB maka peningkatan ekspor Ekraf dapat berdampak pada pertumbuhan PDB Ekraf yang kemudian akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk melihat dampak ekspor Ekraf terhadap pertumbuhan PDB Ekraf melalui analisis tabel input-output (I-O). Selain itu, dilakukan peramalan ekspor Ekraf untuk mendapat data terbaru dalam melihat dampak ekspor Ekraf dengan pemodelan SARIMA. Hasil penelitian menyatakan bahwa model ARIMA(0,1,1)(2,0,1)12adalah model peramalan terbaik untuk ekspor Ekraf yang menghasilkan nilai ramalan di tahun 2019 sebesar 20,87 miliar USD. Berkaitan dengan hal tersebut, terdapat kenaikan ekspor sebesar 0,70 miliar USD atau setara 15,54 triliun rupiah dari tahun 2018. Tambahan ekspor sebesar 15,54 triliun rupiah ini akan memberikan tambahan tambahan NTB Ekraf sebesar 7,81 triliun rupiah. Dari tambahan tersebut, dihasilkan pertumbuhan PDB Ekraf akibat ekspor Ekraf pada tahun 2019 sebesar 0,71 persen, melambat 0,38 dari tahun 2018.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Ekonomi Kreatif. (2018). Ekonomi Kreatif Outlook 2017. Jakarta: Badan Ekonomi Kreatif.

Badan Ekonomi Kreatif, & Badan Pusat Statistik. (2017). Ekspor Ekonomi Kreatif 2010-2016. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Badan Pusat Statistik. (2015). Tabel Input-Output Indonesia 2010. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Firdausy, C. M. (2017). Ekonomi Kreatif, Potensi, Masalah, dan Kebijakan. In C. M. Firdausy (Ed.), Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif di Indonesia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Hartati, E. S., Listiyanto, E., Pulungan, A. M., Abdullah, I., Yudhistira, B., Firdaus, A. H., … Nofarina, S. D. (2016). Buku Proyeksi Ekonomi Indonesia 2017. Jakarta: INDEF.

Howkins, J. (2001). The Creative Economy: How People Make Money from Ideas. London: Penguin.

Hyndman, R. J., & Athanasopoulos, G. (2018). Forecasting: Principles and Practice (2nd ed.). Retrieved from https://otexts.com/fpp2/

Krishna, K. J., Vasagam, S. N., Giriyappa, K., & Chandramouli, D. (2013). Application of Time Series Modelling for Predicting the Export Potential of Indian Leather Footwear. European Journal of Business and Management, 5(21), 8–15.

Makridakis, S., Wheelwright, S. C., & Hyndman, R. J. (1997). Forecasting Methods and Applications (3rd ed.). New York: Wiley.

Mankiw, N. G. (2006). Makroekonomi (6th ed.). Jakarta: Erlangga.

Solihat, K. (2017). Analisis Peramalan Investasi Industri Makanan dan Minuman dan Dampaknya terhadap Pertumbuhan Ekonomi Jawa Timur Tahun 2014-2016. Politeknik Statistika STIS.

Sukma, M., Hartono, D., & Prihawantoro, S. (2018). The Impacts Analysis of Creative-Products Export on the Economy. JEJAK: Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan, 11(1), 92–107. https://doi.org/10.15294/jejak.v11i1.11337

Published
2020-11-16
How to Cite
Resti, Islahwani Loka Vita, and Anugerah Karta Monika. 2020. “POTENSI EKSPOR EKONOMI KREATIF TAHUN 2019”. Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan 28 (1), 29-40. https://doi.org/10.14203/JEP.28.1.2020.29-40.
Section
Article