PENGARUH PENERAPAN E-TICKETING TERHADAP TINGKAT KEPUASAN DAN LOYALITAS PENGGUNA JASA KERETA

  • Artika Surniandari
  • Haryani Hasan

Abstract

Tiket merupakan syarat untuk dapat menggunakan fasilitas perjalanan kereta.  Pada perkembangannya sistem ticketing kereta api mengalami beberapa perubahan. Kereta api jabodetabek pun tak luput dari perubahan, saat ini tiket terbagi 2 jenis yaitu tiket untuk satu kali perjalanan dan kartu berlangganan. Pada kesempatan ini kami mencoba membuat penelitian yang akan menyajikan data pengaruh penerapan e-ticketing pada kereta commuterline jabodetabek terhadap tingkat kepuasan dan loyalitas pengguna jasanya yang dalam hal ini adalah pengguna kartu berlangganan atau yang dikenal dengan kartu Multitrip. Dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan software AMOS yang dapat mengistemasi model pada model persamaan struktural (SEM). Dengan penelitian ini diharapkan dapat dianalisa apakah penerapan e-ticketing pada commuterline jabodetabek menjadikan para penumpangnya merasakan manfaatnya dan memilih untuk menjadi pelanggan tetap dan memilih tiket multitrip sebagai tiket disetiap perjalannya dengan menggunakan jasa commuterline.

Kata Kunci : Kepuasan dan Loyalitas, Kereta Jabodetabek

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bailey, J.E., dan Pearson, S.W. (1983), “Development of a Tool for Measuring and Analyzing Computer User Satisfaction,†Management Science, Vol.29, No.5, Mei, h.530-545. DeLone, Willian H. and Ephraim R. McLean, 1992, Information Systems Success: The Quest for Dependent Variable, Journal of Information Systems Research, The Institute of Management Sciences.

Mardikawati, Woro. 2013. Pengaruh Nilai Pelanggan Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan, Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Pelanggan Bus Efisiensi, Semarang : Jurnal Administrasi Bisnis.

Prasojo, Luqman Habieb & Pratomo, Dudi. 2015. Pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Sistem, Dan Kualitas Layanan Aplikasi Rail Ticket System (Rts)Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem. Bandung : Universitas Telkom.

Trisnawati, Rina. 1998.Pertimbangan Perilaku dan Faktor Penentu Keberhasilan Pengembangan Sistem Informasi, Yogyakarta :Jurnal Kajian Bisnis.

Seddon, P.B., and Kiew, M.-Y., 1994, A Partial Test and Development of the DeLone and McLean Model of Is Success, in: Proceedings of the 15th International Conference on Information Systems (ICIS 94). Vancouver, Canada: pp. 99-110

Syam Fazli. 1999. Dampak Kompleksitas Teknologi Informasi bagi Strategi Dan Kelangsungan Usaha, Jurnal Akuntansi dan Auditing (JAAI) Vol.3 No.1, Yogyakarta :FE UII.

Zahedi, Fatemeh, 1997, Reliability of Information System Based on the Critical Success Factors-Formulation, International Journal of Quality & Reliability Management, 14(8),791-813

Published
2017-10-06
How to Cite
Surniandari, Artika, and Haryani Hasan. 2017. “PENGARUH PENERAPAN E-TICKETING TERHADAP TINGKAT KEPUASAN DAN LOYALITAS PENGGUNA JASA KERETA”. Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan 25 (1), 39-53. https://doi.org/10.14203/JEP.25.1.2017.39-53.
Section
Article