Komparasi Perilaku Konsumen Produk Halal di Area Mayoritas dan Minoritas Muslim

  • Endang Sri Soesilowati
  • Chitra Indah Yuliana
Keywords: Perilaku konsumen muslim, Produk halal

Abstract

Sebagai negara berpenduduk muslim terbesar, diasumsikan Muslim Indonesia sangat peduli terhadap konsumsi makanan halal. Namun demikian, permintaan terhadap makanan halal belum tentu searah dengan jumlah penduduk muslim. Oleh karena itu, terdapat signifikansi penelitian tentang perilaku konsumen dalam mengkonsumsi makanan halal. Studi ataupun literatur terkait khususnya mengenai peranan agama terhadap perilaku konsumen masih minim. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan akan berguna bagi masyarakat baik sebagai konsumen dan produsen, serta pemerintah maupun pihak terkait lainnya sebagai acuan dalam penyusunan kebijakan terkait industri halal khususnya produk makanan olahan. Tulisan ini terutama bertujuan untuk mengkaji perbandingan perilaku konsumen muslim terhadap produk halal yang berada di area mayoritas dan minoritas muslim, ditinjau dari faktor determinan dan aspek religiusitasnya. Teknik pengolahan data mencakup analisis kuantitatif dan kualitatif dengan data yang digunakan yakni data primer dan sekunder yang diperoleh pada tahun 2009 dan 2010 masing-masing dari lokasi penelitian di Banten dan di Bali.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-08-10
How to Cite
Soesilowati, Endang Sri, and Chitra Indah Yuliana. 2016. “Komparasi Perilaku Konsumen Produk Halal Di Area Mayoritas Dan Minoritas Muslim”. Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan 21 (2), 167-78. https://doi.org/10.14203/JEP.21.2.2013.49-60.
Section
Article