THINK OUT OF THE BOX: PROSES KREASI-KREATIVITAS INDUSTRI PERIKLANAN

  • Diah Suhodo Pusat Penelitian Ekonomi - LIPI

Abstract

Periklanan merupakan salah satu subsektor industri kreatif Indonesia seperti ditetapkan oleh pemerintah. Pembuatan sebuah iklan membutuhkan konten kreativitas yang tidak sedikit, terlebih iklan yang baik bukan hanya iklan yang kreatif namun harus memenuhi tujuan iklan, yakni mempersuasi konsumen sesuai kebutuhan klien. Untuk itu, sangat penting untuk mengetahui bagaimana sebuah agensi periklanan menciptakan dan menjaga iklim kreativitas di dalam organisasinya, sehingga orang-orang kreatif yang bekerja di dalam agensi bisa terus kreatif sekaligus memenuhi ekspektasi klien. Iklim kreatif seperti apa yang bisa menjaga dan mendorong kreativitas insan kreatif periklanan serta bagaimana manajemen perusahaan periklanan menciptakan dan menjaga iklim kreatif tersebut merupakan pertanyaan yang akan dibahas dalam studi ini. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, studi ini melakukan penelusuran literatur dan wawancara mendalam terhadap beberapa agensi periklanan di daerah penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk menciptakan dan menjaga ilim kreatif di dalam perusahaan, agensi periklanan mesti memiliki focus pada internal dan eksternal perusahaan. Fokus internal berarti manajemen mesti memperhatikan iklim kreatif pekerja kreatifnya baik melalui iklim kerja yang nayam serta pelatihan yang sesuai. Fokus eksternal berarti manajemen mesti bisa berkomunikasi dengan klien untuk menangkap ekspektasi mereka dan juga memahami perilaku konsumen supaya bisa menciptakan karya iklan yang ‘berbicara’ dengan tepat pada konsumen sesuai pesan yang ingin disampaikan oleh klien.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amabile, Teresa M., 1982, "Social Psychology of Creativity: A Consensual Assessment Technique", Journal of Personality and Social Psychology 4, 3 (5), 997-1013.

Amabile, Teresa, Regina Conti, Heather Coon, Jeffrey Lazenby, dan Michael Herron, 1996, “Assessing the Work Environment for Creativity,†Academy of Management Journal, 39 (5), 1154–1184.

Ang, Swee Hoon, and Sharon Y. M. Low, 2000, “Exploring the Dimensions of Ad Creativityâ€, Psychology and Marketing, 17 (10), 835–584.

Ang, Swee Hoon, Yih Hwai Lee, and Siew Meng Leong, 2007, “The Ad Creativity Cube: Conceptualization and Initial Validationâ€, Journal of the Academy of Marketing Science, 35 (2), 220–232.

Baker, S., dan Martinson, D. L., 2001, “The TARES Test: Five Principles for Ethical Persuasion,†Journal of Mass Media Ethics, 16 (2&3), 148-175.

Besemer, S. P., K. O'Quinn. 1986. Analyzing Creative Products: Refinement and Test of A Judging Instrument. Journal Creative Behaviour. 20(2) 115-126.

Dewan Periklanan Indonesia, 2007, ‘Etika Pariwara Indonesia (EPI): Tata Karma dan Tata Cara Periklanan di Indonesia’.

El-Murad, J. dan West, D., 2004, ‘‘The Definition and Measurement of Creativity: What Do We Know?’’, Journal of Advertising Research, Vol. 44 No. 2, 188-201.

Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, 2008, Cetak Biru Rencana Pengembangan Industri Kreatif di Indonesia

Kover, Arthur J., Stephen M. Goldberg, dan William L. James, 1995, “Creativity vs. Effectiveness? An Integrating Classification for Advertisingâ€, Journal of Advertising Research, 35 (6), 29–39.

Moriarty et al, 2009, Advertising (8th edition), Person Prentice Hall

Oliver, Jason D., dan Christy Ashley, 2012, Creative Leaders’ Views on Managing Advertising Creativity, Journal of Marketing Theory and Practice, Vol. 20, No. 3, 335–348.

Smith, Robert E., and Xiaojing Yang, 2004, “Toward a General Theory of Creativity in Advertising: Examining the Role of Divergence,†Marketing Theory, 4 (12), 31–58.

Smith, Robert E., Scott B. MacKenzie, Xiaojing Yang, Laura M. Buchholz, dan William K. Darley, 2007, “Modelling the Determinants and Effects of Creativity in Advertisingâ€, Marketing Science, 26 (6), 819–833.

Till, Brian D., and Daniel W. Baack, 2005, “Recall and Persuasion: Does Creative Advertising Matter?†Journal of Advertising, 34 (Fall), 47–57.

Young, Charles E., 2000, “Creative Differences between Copywriters and Art Directors.†Journal of Advertising Research, Vol. 40, No. 3, 19–26.

Published
2016-10-19
How to Cite
Suhodo, Diah. 2016. “THINK OUT OF THE BOX: PROSES KREASI-KREATIVITAS INDUSTRI PERIKLANAN”. Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan 24 (2), 71-83. https://doi.org/10.14203/JEP.24.2.2016.71-83.
Section
Article