ANALISIS WILLINGNESS TO PAY PENGGUNA HIPPAM CANGAR TERHADAP MATA AIR GEMULO

Hardian Cahya Ningrum

Abstract


ABSTRAK

Penurunan kualitas dan kuantitas air disebabkan oleh pemanfaatan mata air secara berlebihan sehingga akan berdampak pada ketersediaan air dalam jangka panjang. Jika hal itu terjadi air sebagai aset lingkungan akan mengalami kenaikan harga dan tidak lagi dapat dikonsumsi secara bebas. Mata air Gemulo merupakan satu-satunya sumber air yang dimanfaatkan oleh masyarakat Dusun Cangar melalui jasa HIPPAM Cangar. Untuk menjaga kelestarian mata air Gemulo diperlukan suatu sistem insentif, yaitu dengan penerapan harga air yang tepat (the right price) dan kelembagaan yang benar (the right institution). Tujuan penelitian ini adalah: menghitung besarnya nilai Willingness To Pay (WTP) dan total nilai WTP, dan menganalisis variabel-variabel yang mempengaruhi nilai WTP pelanggan HIPPAM Dusun Cangar sebagai pemanfaat mata air Gemulo. Analisis yang digunakan adalah Contingent Valuation Method (CVM) dan regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Perkiraan nilai WTP adalah Rp 17.950 KK per bulan dan nilai total WTP adalah Rp 8.243.050 per bulan; Variabel-variabel yang berpengaruh terhadap nilai WTP masyarakat Dusun Cangar adalah jumlah kebutuhan air (KA) dan biaya kebutuhan air (BA).

Kata kunci:    kelestarian mata air, pengelolaan HIPPAM, contingent valuation methodWillingness to Pay


Keywords


ekonomi lingkungan, ekonomi ekologi

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.14203/JEP.25.2.2017.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Ekonomi Pembangunan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN cetak : 0854-526x

ISSN online : 2503-0272

Jurnal Ekonomi dan Pembangunan
Pusat Penelitian Ekonomi - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
Widya Graha, Lantai 4, Jln. Gatot Soebroto 10 Jakarta



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.